LOMBA CERPEN RETAKANKATA

Oleh Ragil Koentjorodjati

Tidak terasa blog RetakanKata hampir berumur satu tahun sejak berdiri pada 13 Februari 2011, satu hari menjelang perayaan hari kasih sayang (Valentine Day). Pada usia yang masih sangat belia ini, RetakanKata sudah mempublikasi kurang lebih 125 artikel dalam waktu 10 bulan dan dikunjungi lebih dari 12300 kali. Memang belum berarti apa-apa untuk ukuran sebuah blog. Tetapi semua itu patut untuk disyukuri di tengah berbagai tantangan kesulitan sumber daya manusia pengelolanya dan juga tentu saja sumber daya finansial yang semuanya bergantung pada donasi pendirinya. Semua masih terus berproses untuk dan mewujudkan pembangunan budaya dengan pendekatan sastra. Budaya menulis, budaya membaca, budaya berpikir dan yang lebih penting mengurangi budaya instan.
Teknologi diciptakan untuk mempercepat proses dan berproduksi. Tetapi secanggih apapun teknologi, itu tidak mengubah bahwa manusia harus tetap berpikir, membaca, menulis dan belajar. Tanpa mempertahankan proses berpikir ini, teknologi akan mati dengan sendirinya dan kemudahan-kemudahan dari hasil teknologi pun akan mendatangkan kesulitan baru. Untuk itu perlu keseimbangan dan pemeliharaan agar manusia tidak terperangkap pada budaya instan yang semakin akut dan abai terhadap proses berpikir dan belajar, terbuai kehebatan dan kenikmatan dari hasil teknologi.
Untuk itu, dalam rangka peringatan 1 tahun blog RetakanKata dan dalam rangka mendukung pemeliharaan proses berpikir, blog RetakanKata menyelenggarakan lomba menulis cerpen dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Peserta adalah warga negara Indonesia dan memiliki kartu identitas (KTP/KTM/SIM/Kartu Pelajar atau Pasport Indonesia).
2. Tema: Bebas.
3. Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya cerpen dengan ketentuan.
• Peserta mengirim email dengan subyek LOMBA CERPEN RETAKANKATA ke retakankata@gmail.com dengan dilampiri dua file. Satu file berisi cerpen yang dilombakan (tanpa mencantumkan nama penulis dalam tulisan cerpen) dan satu file berisi biodata penulis secukupnya dan rekening bank serta dilampiri hasil scan kartu identitas.
• Peserta mendaftar dengan cara submit sebagai follower (daftar email berlangganan) pada blog RetakanKata dengan menggunakan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim CERPEN serta tergabung dalam facebook page RetakanKata (Blog Seni dan Budaya). Pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Batas akhir pendaftaran tanggal 5 Februari 2012.
• Batas akhir pengiriman naskah adalah tanggal 10 Februari 2012 pukul 12.00 siang WIB.
• Cerpen yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya, baik di media cetak maupun portal dan blog pribadi.
• Cerpen tidak sedang diikutkan dalam perlombaan serupa.
• Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia.
• Cerpen adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan sebagian atau seluruhnya.
• Cerpen diketik dengan menggunakan huruf Times New Roman, font 12, pada kertas A4 dengan spasi 1,5 margin 4 cm dari atas, 4 cm dari kiri, 3 cm dari bawah, 3 cm dari kanan, dengan jumlah kata antara 1200 sampai dengan 3500 kata, termasuk judul dan catatan kaki.
• Cerpen tidak mencantumkan nama pengarang.
4. Penilaian cerpen menggunakan sistem blind review (penulis dan penilai tidak diketahui namanya). Unsur utama yang dinilai adalah keindahan, kepadatan (bernas) cerita, dan kebahasaan. Cerpen yang tidak memenuhi ketentuan pada butir tiga, secara otomatis gugur. Seleksi pertama, akan dipilih 15 (lima belas) cerpen terbaik. Seleksi berikutnya, dari lima belas cerpen terbaik tersebut, akan dipilih Juara I dan Juara II. Lima belas cerpen terbaik akan dibukukan.5. Hadiah:
• Juara I Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) ditambah buku kumpulan cerpen lima belas terbaik.
• Juara II Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) ditambah buku kumpulan cerpen lima belas terbaik.
• Peserta yang cerpennya masuk pada lima belas cerpen terbaik akan mendapat buku kumpulan cerpen lima belas terbaik.
6. Ketentuan lain:
• Semua cerpen yang dilombakan menjadi milik blog RetakanKata dan boleh dipublikasikan di blog RetakanKata.
• Lima belas cerpen terbaik menjadi milik bersama yaitu penulis dan blog RetakanKata.
• Keputusan juri atas lomba ini tidak dapat diganggu gugat.
• Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran atas ketentuan lomba ini, maka tanggung jawab sepenuhnya ada pada penulis dan dikenai sanksi pencabutan penghargaan sebagai pemenang lomba, serta mengganti kerugian yang ditimbulkan.
• Keuntungan dari penjualan buku lima belas cerpen terbaik akan dibagi tiga yaitu, untuk sosial (panti asuhan dan anak jalanan), untuk penulis dan untuk blog RetakanKata.
• Ketentuan lain yang mungkin perlu ditambahkan dan hal-hal yang belum jelas akan disampaikan lewat email. Demikian juga dengan pertanyaan, agar disampaikan lewat email.Selamat Berkarya!

Terkait dengan Lomba Cerpen RetakanKata:
Informasi Lomba Cerpen RetakanKata

Iklan

183 thoughts on “LOMBA CERPEN RETAKANKATA”

    1. • Peserta mendaftar dengan cara submit sebagai follower (daftar email berlangganan) pada blog RetakanKata dengan menggunakan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim CERPEN serta tergabung dalam facebook page RetakanKata (Blog Seni dan Budaya). Pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya alias GRATIS.

      Suka

      1. maksud submit sebagai follower itu gimana? apa sebagai follower twitter koentjorodjati atau daftar email berlangganan di wordpress (yang ada tombol Daftar Email BErlangganan)

        Suka

    2. begini lho mas dan mbak yu semua, coba liat di pojok kanan bawah, di situ ada kotak hitam kecil tulisannya (+) Follow, klik aja. masukan email sampeyan. habis itu buka email sampeyan, cari inbok yang dari retakankata, klik, terus klik comfirm follow. sudah selesai.
      bukan begitu mas retakan kata?eh mas kucorojati.

      Suka

  1. Maksudnya dari pengaturan 4,4,3,3 itu apa ya bung Ragil
    Apakah top,bottom,left,right atau top,left, bottom right atau yang lain
    Saya mohon pencerahannya
    Karena saya ingin juga berpartisipasi dalam lomba ini
    Saya ucapkan juga semoga Blog Retakan Kata ini juga bisa semakin sukses kedepannya
    Cukup itu saja dari saya, saya ucapkan terima kasih.
    Semangat terus buat Retakan Kta

    Suka

    1. terima kasih. yang dimaksud 4,4,3,3 adalah margin 4 cm dari atas, 4 cm dari kiri, 3 cm dari bawah, 3 cm dari kanan. itu untuk mempermudah penyeragaman ketikan di word saja. yang jadi pertimbangan utama jumlah kata. begitu 🙂

      Suka

    1. umumnya, orang menyebut pesan moral dalam cerpen. tapi di sini kami menggunakan istilah bernas, maksudnya cerpennya ada isinya dan disajikan dengan efektif dan efisien (tidak bertele-tele).

      Suka

  2. • Peserta mendaftar dengan cara submit sebagai follower (daftar email berlangganan) pada blog RetakanKata dengan menggunakan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim CERPEN serta tergabung dalam facebook page RetakanKata (Blog Seni dan Budaya).”

    saya mw daftar…

    langkah pertama setelah saya baca ini gimna yaa ? apa saya kirim email ke retakankata@gmail.com gituu ?

    makasih

    Suka

    1. langkah pertama: klik saja tombol DAFTAR EMAIL BERLANGGANAN kemudian ikuti langkah-langkah yg ada di sana.
      Setelah itu akan ada email konfirmasi dari blog retakankata ke email yg kamu daftarkan. Klik link yang masuk ke emailmu untuk mengkonfirmasi. Selesai.
      langkah kedua: klik tombol LIKE di bawah DAFTAR EMAIL BERLANGGANAN. selesai.
      Untuk mengikuti update info, pastikan kamu sudah nge-klik tombol LIKE page tersebut. Selamat berlomba!

      Suka

  3. Mas, saya mau tanya… Naskah hanya berisi judul dan cerpen juga catatan kaki jika perlu. Kalau begitu tempat dan tanggal pembuatan cerpen juga dilarang ya? sebab banyak cerpenis yang menyertakan keterangan itu di akhir naskahnya.. terima kasih.. salam sastra!

    Suka

  4. Assalamualaiku Retakankata…
    Wah…senangnya ketemu kamu, sudah lama cari blog yang kayak gini
    hmmm…..happy birthday..semoga tetap eksis dan mencerahkan kami para penikmat dan kuli kata
    Salam Kenal…

    Suka

  5. Hai.
    Saya mau bertanya, bagaimana kita sebagai sang pengirim bisa mengetahui bila kita telah terdaftar dari sisi “email berlangganan” dan “facebook” untuk siap mengirimkan karya kita melalui email?
    Mungkin notifikasi setiap berapa hari sekali, bagi siapa-siapa yang telah terdaftar dan bisa langsung mengirimkan karyanya?
    Atau mungkin justru notifikasinya akan diberitahukan setelah karya diterima?
    Atau bahkan tidak ada notifikasi sama sekali untuk sang pengirim?
    Trus bagaimana sang pengirim bisa mengetahui kalau karyanya sudah diterima???
    #maaf, terlalu panjang dan bertele-tele 😀

    Suka

    1. Eeehh, ternyata di facebooknya udah ada, hehehehe.
      So sorry, soalnya aku leave comment dlu sebelum like facebooknya 😀
      Once more, thankyou 😀

      Suka

  6. Kok nama saya belum masuk ke daftar peserta? Padahal saya sudah submit daftar email berlangganan? dan nge_like facebook page retakankata?
    Terima kasih,mohon bantuannya!!!
    Ditunggu karya briliant saya, okey!

    Suka

    1. pemenang pasti diumumkan. kita masih mengatur jadwal karena banyaknya peserta yang ikut tidak mungkin diteliti dalam waktu singkat, selain juga kesibukan para juri yang sudah terjadwal lebih dulu. terima kasih.

      Suka

  7. kalo alamat email yang digunain buat sumbit berlangganan sama follow page facebook beda, gapapa kan?
    soalnya alamat emailku yang facebook dan yang buat submit beda. dan yang buat submit blog aku gunakan untuk ngirim karya.
    alamat yang aku gunain buat ngirim karya skets.ubaid@gmail.com. udah masuk belum cerpenku?

    mohon balasannya. terima kasih. 😀

    Suka

  8. maaf, Pak…
    saya sudah daftar pas tanggal 21… tapi tak ada tab verifikasi. yang ada hanya pengaturan kiriman dari retakankata…
    bagaimana sebaiknya?
    tadi saya coba berhenti berlangganan (dan kembali melakukan pendaftaran langganan melalui surel) namun tetap saja tak ada tab verifikasi seperti yang dimaksud.
    terimakasih atas tanggapannya.

    Suka

  9. Lapor, Pak!
    Ternyata setelah menggunakan sedikit imajinasi saya akhirnya bisa melakukan verifikasi email ke blog ini…
    saya sudah mengklik tab suka fanpage FB retakankata….
    semoga dengan demikian nama saya terdaftar sebagai peserta….

    Suka

  10. itu jumlah cws(carakter with spase) 1200-3500 ya mas?
    lumayan pendek yah?
    wah harus benar-benar singkat dan padat.
    oke deh saya coba.

    Suka

  11. tanya,Min. naskah udah aku kirim. tapi demi efektif dan effisiennya cerita, jumlah kata yang ada cuma 1050 an. gimana ya?? tetap dipertimbangkan ya, Min. tengkyu… 🙂

    Suka

  12. Sebelumnya maaf, mohon nama daftar peserta segera ditayangkan karena mengingat tanggal pendaftaran hampir tutup. Selain itu masih banyak kawan-kawan yang kebingungan karena e-mailnya belum tercantum pada daftar peserta. Terimakasih.. Selamat Berkarya 😀

    Suka

  13. Salah satu ketentuan, itu :
    “Setiap cerpen jadi milik blog retakan kata dan boleh dipublish di blog tersebut”

    yg jadi pertanyaan saya, apakah cerpen yang sudah dilombakan nanti tidak diizinkan untuk dipublish di blog pribadi???

    Suka

  14. kok susah daftar email berlangganannya….tolong dijelaskan lebh rici dong.trima kasih……….gak ada cara alternatif yang lebih mudah kah??

    Suka

  15. selamat malam, saya mau bertanya. saya sudah mengirim cerpen + data diri ke email yang sudah ditentukan dan laporannya telah berhasil terkirim, namun ketika saya ingin submit di bloh ini kenapa yang keluar itu wordpress dan mengatakan email saya tidak valid, terimakasih.

    Suka

  16. wah, saya telat sampai sini? Kalau di FB sudah connect tapi mendaftar emailnya yang belum. Apakah masih bisa diterima jika saya submit sekarang (tgl 6 pebruari). Terima kasih atas responnya

    Suka

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s