Keluargaku Adalah Segalanya Untukku

Oleh Anita Rachmawati

Fenomena SEKS PRANIKAH, merupakan sebuah fenomena yang menimbulkan persoalan sekaligus merugikan kehidupan kaum perempuan. Fenomena tersebut memunculkan luka mendalam bagi perempuan, terlebih lagi juga mengganggu psikologisnya. Pemikiran saya, sebagai kaum muda untuk membantu menyembuhkan ‘luka’ akibat seks yang dilakukan oleh perempuan yang terlanjur menyerahkan kehormatannya kepada lelaki yang ternyata tidak menjadi suaminya adalah dengan memberinya motivasi, memberikan banyak dukungan dan membangunkan semangatnya kembali. Memberi dukungan adalah hal yang sangat perlu diberikan karena hal tersebut merupakan salah satu obat yang bisa menyembuhkan luka terlebih lagi secara psikologisnya perempuan itu mengalami guncangan yang dahsyat. Karena dengan semangat yang kita berikan itulah ia merasa bahwa hidupnya belum berakhir dan ia tidak akan merasa hidup sendirian di dunia ini.
Seharusnya kesalahan yang telah diperbuatnya, kita sebagai sesama kaum perempuan tidak perlu mengejeknya atau bahkan mengucilkannya. Dukungan dari semua pihak yang terdiri dari dukungan kedua orang tua, teman-teman dan lingkungan di sekitarnya sangat diperlukan. Memberikan dia motivasi juga sangat perlu dilakukan karena hal tersebut dapat membuka hati dan pikirannya karena dengan mendapat motivasi dan dukungan dari semua pihak, perempuan tersebut dapat melanjutkan hidupnya, meraih masa depannya dan berada di jalan yang semestinya ia jalani seperti perempuan yang lainnya pada umumnya.
Konsultasi antar keluarga juga diperlukan untuk mengurangi beban yang ia pikul sendiri. Peran orang tua sangat diperlukan, dengan kasih sayang dan kehangatan dari keluargalah yang dapat menghapus beban dan pikirannya. Belajar dari pengalaman yang sudah terjadi, orang tua harus dengan senang hati dan tak pernah lelah memberikan nasehat dan tidak boleh lengah dalam mengawasi anak perempuannya. Hal tersebut sangat dianjurkan untuk mencegah agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Keluarga merupakan segalanya untuk kita karena dalam kondisi apapun kita pasti kembalinya akan keluarga kita juga.

* Penulis adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang.
Catatan:
Opini ini terpilih sebagai opini favorit dari rekan mahasiswa tentang ‘Seks Pranikah’

Iklan

One thought on “Keluargaku Adalah Segalanya Untukku”

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s