Transaksi Lewat Internet: Ini yang Harus Diperhatikan

Akhir-akhir ini berita penipuan berkedok investasi emas kembali ramai. Dikatakan kembali ramai karena pada tahun-tahun sebelumnya, penipuan serupa sudah banyak diungkap, tidak saja soal investasi emas, tetapi juga investasi lain semacam forex, saham atau bahkan pertambangan. Mungkin kali ini menjadi lebih ramai karena penipuan membawa label halal dari MUI.

Sebuah stasiun televisi swasta membahas secara berlebihan penipuan kali ini dengan memberi tips-tips yang saya duga mengambil dari blog-blog di internet. Pembahasan melebar, bukan pada persoalan investasi namun pada persoalan internet atau bisnis online. Dengan mengutip tips-tips yang ada di blog yang di-capture ini, penjelasan dari siaran televisi swasta tersebut perlu mendapat penjelasan tambahan.

penipuan-berkedok-investasi

Tentu tidak semua yang menggunakan website gratis pasti penipuan. Tidak selalu juga yang menggunakan domain dot com (.com) atau dot co dot id (.co.id) bukan penipuan. Penipuan bisa saja terjadi, namun hal-hal ini perlu diperhatikan, seperti website gratis, jejaring sosial ataupun blog-blog gratis. Harus dicatat juga bahwa sistem online (website) dibangun dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadinya cyber crime.

Jika ditinjau dari tingkatan keamanan secara sistem, maka urutan sederhananya sebagai berikut:

Website dengan fixed address. Yang dimaksud fixed address bukanlah nama yang tertampil di layar komputer seperti misalnya http://retakankata.com, tetapi rangkaian angka internet protokol (IP), misalnya 25.215.113.001, yang sifatnya tidak berganti-ganti. Ciri yang bisa dikenali jika suatu website menggunakan fixed address adalah Anda dapat membuka internet  dengan menggunakan https:// Huruf s terdapat di belakang http merupakan kependekan dari secure, artinya Anda masuk secara aman. Hal ini penting jika Anda masuk (login) ke suatu situs, misal situs jejaring sosial facebook, usahakan menggunakan https://facebook.com agar data yang Anda tuliskan aman.

Kaitan fixed address dengan dunia nyata adalah bahwa fixed address diberikan kepada orang atau perusahaan yang memiliki identitas jelas dan dapat diverifikasi. Penyalahgunaan mungkin saja terjadi seperti misalnya pemalsuan identitas, namun konsekwensi dari tindakan ini lebih berat daripada menggunakan website gratisan. Jika Anda masih kurang yakin dengan fixed address, ada banyak perangkat lain yang disediakan seperti misalnya sitelock. Sitelock diberikan kepada pemilik website yang  telah memverifikasi identitas, termasuk nomor dan alamat tinggal. Contoh sitelock dapat dilihat di http://bukuonlinestore.com.

Website dengan fixed address tidak selalu berekor .com atau .co.id. Ia bisa menggunakan domain .net, .biz, .us dan sebagainya. Yang harus Anda pegang jika bertransaksi keuangan (misalnya menggunakan kartu kredit, paypal, atau mengirim data personal) adalah pastikan Anda dapat login menggunakan https.

Setingkat lebih rendah dari fixed address adalah website dengan share hosting. Sederhananya, website ini memiliki nama yang tetap tetapi tidak memiliki angka internet protocol (IP) yang tetap. Ciri yang langsung bisa dikenali adalah jika Anda mencoba login menggunakan https, maka Anda akan mendapati peringatan yang secara umum meminta Anda untuk verifikasi kebenaran sertifikat keamanan alamat website atau Anda akan dibelokkan ke http. Hal ini bukan berarti tidak aman. Verifikasi yang diminta adalah Anda memasukkan website tersebut ke daftar website yang bisa dipercaya dalam browser Anda. Blog-blog berbayar pada wordpress atau blogspot adalah contoh dari jenis website ini.

Setingkat lebih rendah lagi adalah blog gratisan. Yang dimaksud blog gratisan adalah blog yang menumpang pada suatu situs internet tanpa membayar dan tidak ada batasan siapa saja yang dapat membuat blog gratisan. Blog gratisan ini bisa juga beralamat semacam website, misalnya websitemu.com. Sepintas muka tampak sama dengan website berbayar. Hal ini menjadi celah yang dimanfaatkan penipu untuk membuat banyak blog gratisan. Mengapa penipuan banyak menggunakan website gratis? Jawabannya sederhana, sebab mereka tidak mendapat kewajiban untuk melakukan verifikasi dan tidak rugi jika hendak menghapus sewaktu-waktu.

Beberapa situs internet menambahkan fitur tertentu untuk mencegah penipuan lewat internet. Sebagai contoh, blog gratisan tidak dapat digunakan untuk software e-commerce. Kaskus menggunakan sistem rating untuk para penggunanya.  Semakin baik rating seseorang, maka transaksinya semakin dapat dipercaya. Situs Berniaga,com menggunakan sistem premium member. Dan BukuOnlineStore.com menggunakan sistem premium blog yang bisa dilihat di Lapak RetakanKata.

Setingkat lebih rendah dari blog gratisan adalah jejaring sosial gratisan.

Selain menggunakan website gratisan, para penipu biasanya menggunakan banyak akun jejaring sosial dan memiliki banyak identitas yang berbeda. Dengan banyak blog gratisan dan akun jejaring sosial, mereka setiap saat dapat menghapus salah satu dan menggunakan akun yang lain untuk beroperasi.

Maka, sebelum bertransaksi lewat internet, entah investasi, jual beli barang atau jasa, email-email spam, lowongan kerja,  atau bahkan perlombaan, setidaknya perhatikan hal-hal berikut untuk keamanan Anda:

  1. Periksa website dengan mengacu panduan di atas. Semakin rendah tingkat keamanannya, semakin tinggi kemungkinan Anda menjadi korban cyber crime.
  2. Periksa apakah memiliki banyak website gratisan atau tidak, apakah sering berpindah-pindah alamat website atau tidak, apakah memiliki banyak akun yang berbeda-beda atau tidak.
  3. Periksa apakah memungkinkan untuk kontak langsung dengan pemilik website.
  4. Periksa seberapa banyak komplain terhadap website atau pemilik website. Anda bisa menggunakan google untuk mengetahui track record suatu produk, seseorang, panitia, penyelenggara atau perusahaan.
  5. Periksa apakah ada kontrak tertulis yang bisa dipegang.
  6. Pastikan Anda memperoleh jaminan dari setiap hal yang Anda lakukan.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sistem di internet dibangun dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadinya cyber crime. Penipuan lewat internet bukan persoalan gratis atau tidak gratis. Kita tahu banyak blog gratis yang memberi sumbangan pada orang lain. Dan Anda tahu juga, penjahat selalu selangkah lebih maju dari yang lain. Tidak ada salahnya melengkapi diri dengan kewaspadaan.

Gunakan internet secara sehat!

Iklan

5 thoughts on “Transaksi Lewat Internet: Ini yang Harus Diperhatikan”

  1. Tak kasih satu kritik bro… semua website pasti mempunyai fix address karena kalau berganti ganti NS nya nanti bingung.. sebagai contoh saya whois pemilik domain ini saja ya.. 😀

    sebaiknya untuk keamanan administrative contact di hide saja dengan bayar tambahan ke domain provider nya palingan ga sampe $10

    Registered through: Automattic
    Domain Name: RETAKANKATA.COM
    Created on: 11-Feb-12
    Expires on: 11-Feb-14
    Last Updated on: 09-Feb-13

    Registrant:
    RetakanKata
    Lalung Permai A2/16 Karanganyar
    Surakarta
    Surakarta, Central Java 55000
    ID

    Administrative Contact:
    Koentjorodjati, Ragil @gmail.com
    RetakanKata
    Lalung Permai A2/16 Karanganyar
    Surakarta
    Surakarta, Central Java 55000
    ID
    +6285867831000

    Technical Contact:
    Koentjorodjati, Ragil @gmail.com
    RetakanKata
    Lalung Permai A2/16 Karanganyar
    Surakarta
    Surakarta, Central Java 55000
    ID
    +6285867831000

    Domain servers in listed order:
    NS1.WORDPRESS.COM
    NS2.WORDPRESS.COM

    Suka

  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pasar Modal. Pasar modal merupakan suatu hal yang dapat dipelajari setiap kalangan yang memiliki modal dan ingin menanamkan modalnya dengan benar. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pasar modal yang dapat dilihat di Pasar Modal

    Suka

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s